Nama Bayi Islam

Nama Bayi Terinspirasi Dari Tahun Baru Hijriyah Yang Sarat Akan Makna

Nama Bayi Terinspirasi Dari Tahun Baru Hijriyah – idenamaislami.com. Nama merupakan sandangan yang diberikan orangtua kepada sang anak yang berisi doa terbaik, dengan harapan agar sang anak bisa menjadi pribadi yang sholeh atau sholehah. Soal inspirasi nama bayi bisa di dapatkan dari berbagai sumber.

Salah satunya dari bulan kalender islam. Bulan-bulan hijriyah dalam kalender islam memang memiliki makna yang sangat mendalam dan religius.Sehingga tak heran jika menjadi favorit yang dicari para orangtua. Untuk memudahkan anda dalam memilih nama, berikut kami telah merangkum artikel tentang nama bayi terispirasi dari tahun baru hijriyah.

Nama Bayi Terinspirasi Dari Tahun Baru Hijriyah

Nama Bayi Terinspirasi Dari Tahun Baru Hijriyah

1. Tawaf

Tawaf merupakan nama bayi laki-laki atau perempuan yang lahir di bulan Zulhijah atau bulan ke-12 dalam kalender penanggalan islam. Kata Tawaf tak hanya mengingatkan pada hal ibadah, namun nama tersebut bisa menjadi referensi nama yang unik.

2. Sakhra atau Sakhrah

Bila anak anda lahir tepat di bulan Zulkaidah maka berikanlah nama Sakhra atau Sakhrah mom, yang mana diartikan sebagai kedamaian atau keamanan. Karena di bulan Zulkaidah islam melarang perang atau hal yang berkaitan dengan genjatan senjata.

3. Fitrah

Nama Fitrah erat kaitannya dengan hari raya idul fitri. Dimana moment tersebut jatuh di bulan Syawal. Dalam bahasa Arab, Fitrah diartikan dengan kesucian atau kembali suci. Nama teesebut bisa digunakan sebagai nama anak perempuan atau laki-laki.

4. Ramzah dan Rameez

Sebelum idul fitri tiba, umat islam akan terlebih dulu menyambut bulan suci ramadhan. Apabila anda melahirkan tepat pada waktu bulan penuh berkah ini, maka nama Ramzah dan Rameez sangat cocok digunakan sebagai nama putra dan putri anda. Karena memilik arti yang sangat baik yakni, Ramzah yang artinya simbol atau tanda. Dan Rameez di maknai dengan di hormati.

5. Shaban

Putra anda lahir di bulan Sya’ban ? Berilah nama Shaban bun. Meskipun namanya pendek tapi bisa digunakan sebagai nama depan, nama tengah ataupun nama belakang. Bahkan dari nama tersebut bisa menjadi pengingat bahwa sang anak lahir di bulan Sya’ban, karena antara nama dan bulan Sya’ban memiliki kemiripan.

6. Rajab

Nama yang satu ini menandakan sebagai kelahiran anak laki-laki di bulan Rajab. Sebab bulan ke tujuh ini dalam bahasa Arab berarti hebat dan luarbiasa. Pilihan nama yang sangat apik baik dari segi pelafalan ataupun maknanya.

7. Awwal dan Ula

Jika kita pahami kata Awwal dan Ula tersebut berasal dari bulan Jumadil Awal atau disebut dengan Jumada Al Awwal atau Jumda Al Ula. Jika anak anda seorang putri berikanlah nama Ula, dan apabila anak anda seorang laki-laki sematkanlah nama Awwal. Nama yang bagus bukan?

8. Sanie

Kata Sanie berasal dari nama bulan hijriyah yakni Rabiul Akhir atau yang disebut bulan Rabi Al-Sani. Yang dalam bahasa Arab berarti agung atau cemerlang. Nama yang bagus ya mom?

9. Rabiy

Jika tadi ada Sanie sebagai nama di bulan Rabiul Akhir, Rabiy adalah nama yang menandakan kelahiran sang buah hati di bulan Rabiul Awwal. Dalam islam bulan tersebut sebagai tanda masuknya musim semi dan juga merupakan bulan kelahiran Baginda Rasulullah SAW.

10. Reyah

Reyah merupakan sebuah nama bayi yang lahir di bulan Safar. Dalam Alquran, Reyah diartikan sebagai angin dan tenaga. Arti ini sangat sesuai dengan bulan Safar yang dilambangkan dengan desiran angin. Uniknya nama Reyah bisa di berikan kepada anak laki-laki dan perempuan. Anda tinggal menambahkan variasi Reyahdi untuk laki-laki dan Reyahana atau Reyahni untuk perempuan.

11. Ashr dan Asyura

Dua nama tersebut merupakn nama untuk anak laki-laki dan perempuan yang kelahirannya tepat di bulan Muharram. Ashr yang artinya sepuluh dan Asyura diartikan dengan kesepuluh. Pada bulan Muharram dianggap sebagai bulan yang sangat suci, terutama pada hari kesepuluh yang dikenal sebagai Asyura.

Itulah tadi beberapa nama bayi yang terinspirasi dari tahun baru hijriyah. Dari nama diatas, nama manakah yang paling anda sukai mom? Semoga artikel ini bermanfaat untuk para orangtua yang sedang mencari nama bayi islam.

To top