Nama Perempuan Islam

Nama Bayi Perempuan Islami Terinspirasi Dari istri Nabi Muhammad

Nama Bayi Perempuan Islami Dari istri Nabi Muhammad – idenamaislami.com. Ide nama islami kali ini di dapat dari nama istri-istri Rasulullah yang merupakan sosok inspiratif perempuan yang tangguh. Seperti yang kita tahu, Nabi Muhammad SAW adalah sosok panutan umat muslim.

Maka wajar jika nama-nama istri beliau sangat menginpsiratif kalangan orangtua. Bila anda tertarik memberikan nama dengan nama istri Rasulullah, simak artikel nama bayi perempuan islami dari istri Nabi Muhammad berikut.

Nama Bayi Perempuan Islami Dari istri Nabi Muhammad

Nama Bayi Perempuan Islami Dari istri Nabi Muhammad

1. Ummu Salamah

Nama anak perempuan islami terinspirasi dari istri Rasulullah yakda Ummu Salamah. Bernama lengkap Ummu Salamah Bintu Abi Umayyah bin al-Mughirah al-Makhzumiyyah ini dikenal dengan nama Hindun. Nama Ummu Salamah memiliki dua arti yakni Ummu yang artinya ibu sedangkan Salamah artinya dapat diandalkan.

2. Juwairiyyah

Juwairiyyah bintu al-Harits bin Dhahar bin Habib bin Jadzimah al-Khaza’iyyah al-Mushtaliqiyyah ini lebih dikenal dengan nama Juwairiyyah. Nama tersebut dalam islam mengandung arti yang sangat baik yakni sebuah doa agar menjadi wanita sholehah, rajin beribadah, berparas cantik dan indah tutur katanya.

3. Mariah

Sejatinya nama Mariah ini merupakan  nama yang paling dikenal di jaman Rasulullah. Dengan nama lengkap Mariah al-Qibthiyyah ini adalah seorang budak yang dihadiahkan oleh raja Mesir kepada Nabi Muhammad SAW kala itu. Menurut islam, Mariah bermakna kecantikan. Atau varian lain yang bisa anda pilih yakni Amariah, Azmariah atau Qoamriyah.

4. Ramlah atau Ummu Habibah

Nama yang satu ini bisa menjadi pilihan terbaik ayah dan bunda. Yang mana nama tersebut merupakan nama istri dari Baginda Rasulullah SAW yang bernama lengkap Ramlah Bintu Abi Shafyan bin Harb yang dinikahi dengan mahar 400 dinar. Nama Ramlah di artikan sebagai tokoh sahabat wanita dan nampak manis bila di sematkan untuk si kecil.

5. Shafiyyah

Sahfiyyah merupakan nama gadis keturunan Yahudi Bani Shadir yang kala itu di jadikan sebagai tawanan perang Khibar. Dan akhirnya di tebus Rasulullah dan menikah pada tahun k3-7 Hijriyah. Menurut islam, Shafiyyah memiliki arti jernih dan murni, sama halnya dengan bayi yang baru dilahirkan suci tanpa dosa.

Baca juga: Nama Bayi Perempuan Islam Terinspirasi Dari Alam

6.  Raihanah

Inspirasi nama anak dari istri Rasulullah SAW berikutnya ada nama Raihanah. Dalam bahasa Arab, memiliki arti anak perempuan yang baik dan bisa diartikan juga sebagai tanaman yang wangi. Jaman dulu, Raihanah merupakan budak dari Bani Quraidzah yang pernah menolak masuk islam. Namun pada akhirnya, Rasulullah berhasil membebaskannya dan menikahi Raihanah.

7. Maimunah

Maimunah merupakan istri terakhir Rasulullah SAW yang kala itu masih berumur 36 tahun ketika menikah dengan Rasulullah SAW. Maimunah memiliki arti yang diberi kemudahan dan yang di beri taufik. Anda dapat memaknainya sebagai doa semoga sang anak senantiasa mendapatkan keistimewaan.

8. Zainab

Nama istri Rasulullah yang satu ini memang lebih dikenal, yakni Zainab binti Khuzaimah. Arti nama Zainab adalah anak perempuan yang baik. Zainab menikah dengan Rasulullah pada bulan ramadhan tepatnya di tahun ke-3 dan ke-4 Hijriyah.

9. Hafshah

Hafshah merupakan anak dari Umar bin al-Khattab, sahabat dari Rasulullah SAW. Menurut bahasa Arab, Hafshah mengandung arti adil. Jadi sangat cocok bila di sematkan kepada anak perempuan bunda.

10. Aisyah

Putri dari Abu Bakar al- Shiddiq ini juga termasuk istri dari Rasulullah SAW, yang di nikahkan oleh sang ayah kandung.  Pada saat itu Mahar yang di di berikan oleh Rasulullah SAW sebesar 400 dirham. Nama Aisyah memiliki arti gadis cantik.

11. Saudah

Bernamakan Saudah bintu Zam’ah bin Qais, nama ini memiliki arti harta berlimpah. Saudah menikah dengan Rasulullah setelah Khadijah wafat. Kala itu Saudah berumur 65 tahun, tua, miskin dan tidak ada yang mengurusnya. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa Rasulullah menikahinya.

12. Khadijah

Nama istri Rasulullah SAW yang pertama adalah Khadijah, nama lengkapnya Khadijah bintu Khuwailid bin Asad al-Quraisyiyyah. Nama Khadijah mengandung makna perempuan yang dapat di percaya. Keduanya menikah saat umur Khadijah menginjak 40 tahun sedangkan Nabi Muhammad berumur 25 tahun. Lima belas tahun setelah menikah, Nabi Muhammad di angkat menjadi seorang Rasul.

Itulah beberapa nama bayi perempuan Islami dari nama istri-istri Rasulullah SAW. Nama-namanya indah penuh makna dan terkesan elegan bila di sematkan kepada sang putri tercinta.

To top